Informasi-informasi di dunia ini begitu banyak dan besar jumlahnya. Komputasi konvensional sudah mulai kesulitan untuk mengolah data-data tersebut. Komputasi kuantum pun dikembangkan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

Kesehatan

Penelitian

Komputasi tradisional memiliki kemampuan yang terbatas dalam mensimulisasikan dan membandingkan ukuran dan kompleksitas molekul kimia (suatu proses penting dalam pengembangan obat awal). Jika kita memiliki input ukuran N, N merupakan jumlah atom dalam molekul yang diteliti, jumlah interaksi yang mungkin antara atom-atom ini adalah eksponensial (masing-masing atom dapat berinteraksi dengan yang lain).

Komputer kuantum akan memungkinkan molekul yang lebih besar untuk disimulasikan. Pada saat yang sama, para peneliti akan dapat memodelkan dan mensimulasikan interaksi antara obat-obatan dan semua 20.000 protein yang dikodekan dalam genom manusia, yang mengarah pada kemajuan yang lebih besar dalam farmakologi.

Diagnostik

Teknologi kuantum dapat digunakan untuk menyediakan diagnostik yang lebih cepat dan lebih akurat dengan beragam aplikasi. Meningkatkan kemampuan AI akan meningkatkan pembelajaran mesin (teknologi yang sudah digunakan untuk membantu pengenalan pola). Mesin MRI resolusi tinggi akan memberikan tingkat detail yang lebih besar dan juga membantu dokter dengan screening penyakit.

Pengobatan

Perawatan yang ditargetkan, seperti radioterapi, bergantung pada kemampuan untuk memodelkan secara cepat dan mensimulasikan skenario kompleks untuk memberikan perawatan yang optimal. Komputer Quantum akan memungkinkan dijalankannya lebih banyak simulasi dalam waktu yang lebih singkat dan membantu meminimalkan kerusakan radiasi pada jaringan yang sehat.

Keuangan

Perdagangan dengan Frekuensi Tinggi dan Otomatis

Salah satu potensial penerapan teknologi kuantum adalah perdagangan algoritmik – penggunaan algoritma yang kompleks untuk secara otomatis memicu transaksi saham berdasarkan berbagai variabel pasar. Keuntungannya, terutama untuk transaksi bervolume tinggi, sangat signifikan.

Deteksi penipuan

Seperti diagnostik dalam perawatan kesehatan, deteksi penipuan bergantung pada pengenalan pola. Komputer Quantum dapat memberikan peningkatan yang signifikan dalam kemampuan pembelajaran mesin; secara dramatis mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk melatih jaringan saraf tiruan dan meningkatkan tingkat performa deteksi.

Pemasaran

Komputer Quantum akan memiliki kemampuan untuk mengumpulkan dan menganalisis volume data konsumen dalam jumlah yang besar, dari berbagai sumber. Analitik data besar akan memungkinkan pedagang dan pemerintah untuk secara tepat menargetkan konsumen individu, atau pemilih, dengan komunikasi yang disesuaikan dengan preferensi mereka; membantu mempengaruhi tingkat penjualan dan hasil pemilu.

Meteorologi

Dengan begitu banyak variabel yang perlu dipertimbangkan, ramalan cuaca yang akurat sulit untuk diproduksi. Pembelajaran mesin menggunakan komputer kuantum akan menghasilkan pengenalan pola yang lebih baik, membuatnya lebih mudah untuk memprediksi peristiwa cuaca ekstrim dan berpotensi menyelamatkan ribuan nyawa per tahun.

Ahli iklim juga akan dapat menganalisis dan menghasilkan model iklim yang lebih rinci; membuktikan wawasan yang lebih luas tentang perubahan iklim dan bagaimana kita dapat mengurangi dampak negatifnya.

Logistik

Analisis dan pemodelan data yang ditingkatkan oleh komputasi kuantum akan memungkinkan berbagai industri untuk mengoptimalkan alur kerja yang terkait dengan transportasi, logistik, dan manajemen rantai pasokan. Perhitungan dan perhitungan ulang rute optimal dapat berdampak pada aplikasi yang beragam seperti manajemen lalu lintas, operasi armada, kontrol lalu lintas udara, pengangkutan dan distribusi.

Sumber:

ID Quantique. n.d. Real-World Applications for Quantum Computing. Diakses pada: 10 Juli 2020 (https://www.idquantique.com/quantum-safe-security/quantum-computing/real-world-applications/)